Kelarutan Pigmen Anorganik Merah [Fe(SCN)3]2- dan Biru [Fe2Fe(CN)6] dalam Gelasi Mikroemulsi Water in Oil dari Sistem Air, Tween 60 dan Sikloheksana untuk Tinta Ballpoint

Meliska, Wina Riani (2021) Kelarutan Pigmen Anorganik Merah [Fe(SCN)3]2- dan Biru [Fe2Fe(CN)6] dalam Gelasi Mikroemulsi Water in Oil dari Sistem Air, Tween 60 dan Sikloheksana untuk Tinta Ballpoint. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_WINA_RIANI_MELISKA_16036091_123_2020.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Kelarutan pigmen anorganik merah dan biru dalam gelasi mikroemulsi water in oil dari sistem air, Tween 60, dan sikloheksana dapat diaplikasikan untuk tinta ballpoint dengan metoda gelasi. Metoda gelasi dengan cara mengubah cairan mikroemulsi menjadi gel dengan proses sol-gel pada suhu rendah. Pembentukan gel dari mikroemulsi water in oil dengan metode sol gel oleh TEOS dan etanol yang terhidrolisis dengan air untuk membentuk gel. Kemudian pigmen anorganik dilarutkan di dalam sol mikroemulsi water in oil. Pigmen anorganik yang telah larut dalam sol mikroemulsi water in oil dapat diuji kelarutan, densitas, indeks bias, dan turbiditasnya. Untuk melihat jumlah zat terlarut dilakukan uji kelarutan, dengan hasil kelarutan merah 0,090 gram sedangkan pigmen biru 0,034 gram. Untuk melihat kepekatan dilakukan uji densitas dengan hasil densitas pigmen merah 0,96 gram/cm ' sedangkan pigmen biru 0,93 gram/cnr'. Kemudian pengukuran indeks bias dan turbiditas (kekeruhan) yang dilakukan dengan menggunakan refraktometer dan turbidimeter yang dapat dikaitkan dengan kelarutan dari pigmen semakin tinggi nilai kelarutan pigmen maka nilai indeks bias dan turbiditasnya juga semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:23
Last Modified: 29 Mar 2021 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29741

Actions (login required)

View Item View Item