Pengembangan Modul Fisika Mengintegrasikan Literasi Baru Materi Kalor Dan Teori Kinetik Gas Siswa Kelas XI SMA

Nazifah, Naurah (2021) Pengembangan Modul Fisika Mengintegrasikan Literasi Baru Materi Kalor Dan Teori Kinetik Gas Siswa Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NAURAH_NAZIFAH_16033108_650_2020.pdf

Download (923kB) | Preview

Abstract

Revolusi industri 4.0 menuntut manusia untuk memiliki keterampilan abad 21. Pendidikan abad 21 seharusnya mampu mengembangkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai unggul, yang erat kaitannya dengan literasi. Literasi siswa akan dapat membantu proses pembelajaran, sehingga siswa dapat mengaplikasikan materi pembelajaran dengan gejala alam yang ada disekitamya. Salah satu literasi yang cocok untuk menjawab tantangan pada era ini yaitu literasi baru. Literasi baru mencakup literasi data, teknologi dan manusia. Kenyataan di sekolah belum sesuai yang diharapkan, sumber belajar yang digunakan siswa belum sepenuhnya mencakup literasi baru. Salah satu solisi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan modul fisika mengintegrasikan literasi baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, kepraktisan dan efektivitas penggunaan terhadap modul fisika. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Objek penelitian dari penelitian ini adalah modul fisika mengintegrasikan literasi baru yang di uji coba terbatas kepada salah satu kelas XI SMA Pembanguan Laboratorium UNP. Sumber data dari penelitian ini adalah tenaga ahli yang meliputi dosen FMIPA sebagai validator, guru fisika di SMA Pembangunan Laboratorium UNP, dengan siswa kelas XI MIA 1 sebagai pengguna modul fisika. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah: lembar validitas, lembar uji kepraktisan, lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil belajar, lembar observasi sikap siswa, dan lembar penilaian keterampilan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif terhadap validitas produk dan kepraktisan produk serta efektivitas produk menggunakan uji t berkorelasi untuk komponen sikap, pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, validasi modul fisika mengintegrasikan literasi baru dengan nilai rata-rata 86, 12 yang berada pada kategori baik sekali. Kedua, praktisan modul fisika mengintegrasikan literasi baru dengan rata-rata nilai menurut guru dan siswa adalah 91,33 dan 89,73 yang berada pada tingkat praktisan baik sekali. Ketiga, penggunaan modul fisika mengintegrasikan literasi baru adalah efektif dalam pendekatan saintifik untuk meningkatkan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa. Jadi, kesimpulan penelitian, yaitu modul fisika mengintegrasikan literasi baru adalah valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:22
Last Modified: 05 Apr 2021 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29728

Actions (login required)

View Item View Item