Studi Implementasi Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Negeri 10 Padang

Novrianda, Fachry (2020) Studi Implementasi Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Negeri 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_A_FACHRY_NOVRIANDA_16067009_349_2020.pdf

Download (688kB) | Preview

Abstract

Besamya pengaruh penilaian autentik dalam proses pembelajaran, baik dalam proses penilaian maupun peningkatan kualitas pembelajaran, maka metode penilaian seperti ini perlu diterapkan sebagai sarana untuk memperbaiki proses pembelajaran sekaligus untuk meningkatkan mutu pendidikan. Guru mata pelajaran produktif SMK Negeri 10 Padang masih merasakan banyak kendala dalam penilaian autentik sehingga pelaksanaan penilaian autentik belum terjalan baik dalam mata pelajaran produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran produktif dan faktor yang mempengaruhi terlaksananya implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran produktif di SMK Negeri 10 Padang. Jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mengambil lokasi di SMK Negeri 10 Padang. Subyek penelitian adalah guru-guru mata pelajaran produktif SMK Negeri 10 Padang. Teknik Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mendapatkan keabsahan data penelitan ini peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran produktif sudah dilaksanakan berdasarkan kurikulum 2013, dengan menggunakan penilain autentik sebagai penilaian pada mata pelajaran produktif, penilaian autentik dapat memudahkan guru dalam menilai kempuan siswa. Berdasarkan temuan ini Guru mata Pelajaran Produktif di SMK Negeri 10 Padang, menggunakan sistem penilaian autentik sebagai penilaian yang dilaksanakan dalam proses belajar mengajar. Penilaian autentik dijadikan penilaian terbaik untuk digunakan karena penilaian ini menilai peserta didik secara nyata dengan format penilaian dalam tiga kompetensi (sikap, pengetahuan, keterampilan) dan diharapkan kepada semua guru mata pelajaran produktif SMK Negeri 10 Padang dapat mengevaluasi kembali implementasi penilaian autentik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:58
Last Modified: 02 Feb 2021 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29727

Actions (login required)

View Item View Item