Pengembangan Koleksi Budaya Lokal se Sumatera pada Layanan Centre of Excellence di Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru, Provinsi Riau

Husna, Suci Ul (2020) Pengembangan Koleksi Budaya Lokal se Sumatera pada Layanan Centre of Excellence di Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru, Provinsi Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_SUCI_UL_HUSNA_17026078_2532_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam makalah ini dibahas tentang bagaimana pengembangan koleksi budaya lokal se sumatera pada layanan Centre of Excellence di perpustakaan Soeman HS Pekanbaru, Provinsi Riau serta kendala dalam proses pengembangan dan upaya dalam mengatasi kendala strategi pengembangan budaya lokal se sumatera pada layanan centre of excellence di perpustakaan Soeman HS Pekanbaru, Provinsi Riau. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Subjek pengumpulan data dilakukan pada Layanan Centre of Excellence di Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru, Provinsi Riau. Observasi yang dilakukan yaitu dengan melakukan pengamatan secara langsung ke lokasi penelitian. Selanjutnya wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data apabila peneliti ingin mengetahui hal-hal dari responden. Pengumpulan data dengan wawancara ini dilakukan dengan menggunakan alat bantu yaitu pena, kertas, serta panduan wawancara berupa format wawancara, dan handphone sebagai alat perekam wawancara dengan pustakawan pada layanan centre of excellence. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan pertama, dalam proses pengembangan koleksi budaya lokal se sumatera pada layanan Centre of Excellence di perpustakaan Soeman HS Pekanbaru, Provinsi Riau hal pertama yang hams dilakukan adalah analisis masyarakat, kemudian membuat kebijakan pengembangan koleksi, lalu seleksi bahan pustaka, setelah itu akuisisi yang dilakukan melalui pembelian serta hadiah atau hibah, selanjutnya mengadakan penyiangan atau weeding yang merupakan penyisihan bahan pustaka akibat rusak dan tidak terpakai, lalu evaluasi merupakan kegiatan untuk melihat berjalan atau tidaknya kegiatan pengembangan koleksi budaya lokal yang telah dibuat serta kegiatan promosi yang dilakukan untuk pengembangan koleksi budaya lokal. Kedua, kendala dalam pengembangan koleksi budaya lokal se sumatera pada layanan Centre of Excellence di perpustakaan Soeman HS Pekanbaru, Provinsi Riau. Kendala yang dihadapi antara lain, dalam bidang kebijakan pengembangan koleksi belum ada kebijakan secara tertulis dari layanan Centre of Excellence ,anggaran yang kurang memadai, minimnya pengetahuan masyarakat akan layanan Centre of Excelllence, jumlah koleksi yang terbatas, dan koleksi yang diadakan hanya mellaui kegiatan pembelian hibah dan hadiah. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala antara lain, sebaiknya membuat kebijakan pengembangan secara tertulis, mengajukan anggaran kepada kepala perpustakaan, mengadakan sosialisasi mengenai koleksi budaya lokal centre of excellence, penambahan jumlah koleksi dengan cara mengadakan kerja sama dengan dinas kebudayaan dan dinas pariwisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:58
Last Modified: 02 Feb 2021 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29720

Actions (login required)

View Item View Item