Kontribusi Daya Tahan dan Kelentukan terhadap Keterampilan Jurus Tunggal Baku Pesilat Perguruan Kuciang Putiah Harimau Campo Kota Padang Panjang

Maqhfirah, Ratu Hasih Muqni (2020) Kontribusi Daya Tahan dan Kelentukan terhadap Keterampilan Jurus Tunggal Baku Pesilat Perguruan Kuciang Putiah Harimau Campo Kota Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RATU_HASIH_MUQNI_MAQHFIRAH_16089080_3865_2020.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terfokus pada pesilat perguruan Kuciang Putiah Harimau Campo Kota Padang Panjang, dengan masalah yang ditemukan kurang maksimalnya keterampilan jurus tunggal baku pesilat Perguruan Kuciang Putiah Harimau Campo Kota Padang Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi daya tahan (X1) dan kelentukan (X2) sebagai dua variabel bebas terhadap keterampilan jurus tunggal baku (Y) sebagai variabel terikat pesilat. Penelitian ini dikategorikan jenis penelitian korelasional, yaitu untuk mengetahui seberapa jauh suatu variabel berkaitan dengan variabel lainnya. Populasi dalam penelitian merupakan seluruh pesilat Perguruan Kuciang Putiah Harimau Campo Kota Padang Panjang yang berjumlah 52 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, jadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 17 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes multitahap/bleep test untuk daya tahan (X1), sit and reach untuk kelentukan(X2), dan judge untuk keterampilan Jurus Tunggal Baku. Analisis data pengujian hipotesis menggunakan teknik analisa product moment dan dilanjutkan dengan korelasi ganda, dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa hipotesis pertama terdapat hubungan yang signifikan antara daya tahan dengan keterampilan jurus tunggal baku dengan thitung(putra) = 5,946 > 2,015 dan thitung(putri) = 8,769 > 1,860, dan daya tahan berkontribusi terhadap keterampilan jurus tunggal baku sebesar 87,61% (putra) dan 90,63% (putri). Hipotesis kedua terdapat hubungan yang signifikan dan berkontribusi anatara kelentukan terhadap keterampilan jurus tunggal baku dengan hitung(putra) = 3,704 > 2,015 dan thitung(putri) = 5,156 > 1,860 dan daya tahan berkontribusi terhadap keterampilan jurus tunggal baku 73,27% (putra) dan 76,91%. Sedangkan hipotesis ketiga terdapat hubungan yang signifikan dan berkontribusi secara bersama-sama antara daya tahan dan kelentukan terhadap keterampilan jurus tunggal baku pesilat Kuciang Putiah Harimau Campo Kota Padang Panjang, dengan Fhitung(putra) = 16,66 > 9,55 dan Fhitung(putri) = 40,35 > 4,74. Hal ini menunjukkan bahwa daya tahan dan kelentukan sangat berkontribusi terhadap keterampilan jurus tunggal baku seorang pesilat. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara daya tahan dan kelentukan dengan keterampilan jurus tunggal baku pesilat perguruan Kuciang Putiah Harimau Campo Kota Padang Panjang dimana Fhitung lebih besar dari Ftabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:57
Last Modified: 02 Feb 2021 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29710

Actions (login required)

View Item View Item