Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Estimasi Biaya Konstuksi Siswa SMK N 5 Padang

Ratuliu, Melati (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Estimasi Biaya Konstuksi Siswa SMK N 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_MELATI_RATULIU_15061009_4263_2020.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang digunakan guru belum sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kesulitan siswa dalam memahami materi, sehingga memberikan dampak kurang baik terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Estimasi Biaya Konstruksi siswa SMK N 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan design Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 5 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari kelas XI DPIB 1, XI DPIB 2, dan XI BKP. Pengujian instrumen dilakukan di SMK N 1 Padang, pada Kelas XI DPIB C yang terdiri dari 30 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) berupa soal objektif sebanyak 24 soal. Data yang dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan perhitungan hipotesis t-test diperoleh thitung (9,71) > ttabel (2,02) menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Se hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Estimasi Biaya Konstruksi siswa SMK N 5 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Feb 2021 02:36
Last Modified: 01 Feb 2021 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29701

Actions (login required)

View Item View Item