Model Profil Karir Pendidikan Teknologi Kejuruan dalam Bidang lnformatika Berbasis Sistem Pakar

Hayadi, B. Herawan (2019) Model Profil Karir Pendidikan Teknologi Kejuruan dalam Bidang lnformatika Berbasis Sistem Pakar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_B_HERAWAN_HAYADI_16193012_5936_2020.pdf

Download (668kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermula dari serangkaian observasi dan wawancara dengan mahasiswa dan lulusan pendidikan Komputer Informatika yang menemukan bahwa sebagian besar diantara mereka kurang memahami bagaimana memulai karir dan menemukan peluang kerja pada bidang informatika. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan model karir yang dibutuhkan oleh siswa dan lulusan program bidang pendidikan teknologi informatika. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R and D) rancangan Borg and Gall (2007) dan didukung oleh model pengembangan 4D Thiagarajan (1974), consisted of Define; Design; Development and Dissemination. Validitas Intrumen diuji dengan menggunakan expert judgment oleh para ahli dan praktisi dan disusul oleh Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri para ahli dibidangnya. Tujuan peelitian ini adalah bahwa model profil karir yang dikembangkan sudah sesuai dengan bidang informatika dan memenuhi persyaratan validitas, praktikalitas dan efektivitas. Ini berarti bahwa model karir yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan mahasiwa dan lulusan dengan menggunakan Sistem pakar menggunakan metode forward and backward chining dengan program Visual Basic. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa profil karir dalam bidang pendidikan teknologi yang dikembangkan melalui penelitian dapat digunakan dan sangat membantu para mahasiswa dan lulusan dalam memilih dan memutuskan karir yang dibutuhkan dalam menyonsong masa depan yang sesuai dengan pendidikan yang mereka capai. Implikasi penelitian ini mengingatkan para pendidik dan dosen perlu secara kontinu untuk mengembangkan model pendidikan karir pada bidang informatika yang selalu berkembang dengan cepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Jan 2021 02:52
Last Modified: 29 Jan 2021 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29686

Actions (login required)

View Item View Item