The Effects Project Based Learning on Leadership, Communication and Team Work Skill of Technical Information Students

Zaus, Mahesi Agni (2020) The Effects Project Based Learning on Leadership, Communication and Team Work Skill of Technical Information Students. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_MAHESI_AGNI_ZAUS_16193076_1191_2020.pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

Lulusan IT hams dapat mempersiapkan lulusannya untuk menghadapi pekerjaan abad ke-21 terutama pada keterampilan perilaku seperti keterampilan kepemimpinan, keterampilan komunikasi dan keterampilan kerja tim. Kemenristek dengan mengubah pendekatan pembelajaran teacher center learning menjadi menggunakan pendekatan student center learning, agar dapat meningkatkan keterampilan perilaku. Namun, pendekatan pembelajaran Student Centre Leaming yang digunakan saat ini belum mampu meningkatkan keterampilan perilaku (Leadership, Communication dan Team Work) sehingga kurangnya keterampilan kepemimpinan, keterampilan komunikasi dan keterampilan kerja tim dan para lulusan tidak dapat bersaing karena kurangnya keterampilan kepemimpinan, keterampilan komunikasi dan keterampilan kerja tim. Metode yang ada untuk mengembangkan adalah PjBL metode SCL lain telah menunjukkan studi positif di bidang yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis projek pada keterampilan ke Leadership, Communication dan Team Work pada mahasiswa Teknik Informatika. Penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test eksperimental desain, dengan menggunakan desain kelompok eksperimen-kontrol. Sampel dipilih secara acak dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen yaitu mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Informatika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PjBL efektif dalam meningkatkan kemampuan Leadership, Communication dan Team Work. Hasil penelitian ini akan berkontribusi pada pengetahuan yang ada, khususnya dalam menentukan efek PjBL pada keterampilan Leadership, Communication dan Team Work mahasiswa dibandingkan dengan metode konvensional. Oleh karena itu, pembelajaran PjBL yang digunakan dalam penelitian ini berguna untuk penelitian di masa depan, praktisi, serta untuk pembuat kebijakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Jan 2021 02:52
Last Modified: 29 Jan 2021 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29685

Actions (login required)

View Item View Item