Pengembangan Modul Pembelajaran Teknik Pemesinan CNC di Sekolah Menengah Kejuruan

Avrieldi, Kms M (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Teknik Pemesinan CNC di Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_KMS_M_AVRIELDI_17138021_1369_2020.pdf

Download (685kB) | Preview

Abstract

Pengembangan modul pembelajaran teknik pemesinan CNC memiliki latar belakang atas berbagai permasalahan sebagai berikut (1) Proses pembelajaran belum menggunakan media yang dapat meningkatkan pengetahuan siswa dalam belajar. (2) pembelajaran belum menggunakan bahan ajar yang belum terfokus pada silabus pembelajaran (3) Kurangnya kemampuan kognitif dan psikomotor siswa pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan CNC. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan modul pembelajaran Teknik Pemesinan CNC di Sekolah Menengah Kejuruan. (2) Menganalisis validitas modul pembelajaran Teknik Pemesinan CNC di Sekolah Menengah Kejuruan.(3) Menganalisis praktikalitas modul pembelajaran Teknik Pemesinan CNC di Sekolah Menengah Kejuruan. (4) Menganalisis efektifitas modul pembelajaran Teknik Pemesinan CNC di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup: (1) analyze, (2) design (3) develop (4) Implement, (5) evaluate. Pengembangan produk melalui tahap uji coba. Uji coba mencakup pada internal dan eksternal. Uji coba internal terdiri dari hasil validasi media dan materi. Uji coba eksternal terdiri dari hasil praktikalitas guru dan siswa, serta hasil efektivitas yang diuji berdasarkan nilai pretest dan posttest terhadap modul pembelajaran teknik pemesinan CNC. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Padang. Hasil penelitian dan pengembangan modul pembelajaran menunjukkan (1) hasil validasi ahli media dan materi adalah 0,71 dan 0,69, maka modul termasuk pada kategori valid. (2) hasil praktikalitas respon siswa dan guru adalah 87% dan 95% yang menunjukkan bahwa modul sangat praktis digunakan pada proses pembelajaran. (3) hasil efektivitas nilai sig (2-tailed) adalah 0,003 menunjukkan bahwa penggunaan modul efektif digunakan pada proses pembelajaran. (4) modul pembelajaran teknik pemesinan CNC valid, sangat praktis dan efektif digunakan di Sekolah Menengah Kejuruan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Jan 2021 02:13
Last Modified: 24 Jul 2021 09:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29682

Actions (login required)

View Item View Item