Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Angkatan 2017 Universitas Negeri Padang berdasarkan Model Seven Pillars

Safitri, Prilla (2020) Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Angkatan 2017 Universitas Negeri Padang berdasarkan Model Seven Pillars. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_PRILLA_SAFITRI_16234026_3777_2020.pdf

Download (877kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kemampuan literasi informasi mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang Berdasarkan Model Seven Pillars. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Angkatan 2017 Universitas Negeri Padang, dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan sampling jenuh, yaitu seluruh populasi ditetapkan menjadi sampel penelitian. Maka sampel penelitian berjumlah 55 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner, dengan jenis kuesioner yang digunakan adalah kuesioner tertutup. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif menggunakan rumus hitung frekuensi relatif dan persentase. Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa kemampuan literasi informasi mahasiswa dapat dilihat sebagai berikut. Pertama, mengidentifikasi informasi kebutuhan pribadi dengan skor rata-rata 3,28 dan berada pada kategori "Sangat Baik". Kedua, mahasiswa bisa menilai pengetahuan saat ini dan mengidentifikasi kesenjangan informasi dengan skor rata-rata 3,35 dan berada pada kategori "Sangat Baik". Ketiga, mahasiswa bisa membangun strategi untuk mencari informasi dan data dengan skor rata-rata 3,42 dan berada pada kategori "Sangat Baik. Keempat, mahasiswa dapat mengumpulkan, menemukan dan mengakses informasi dan data yang mahasiswa butuhkan dengan skor rata-rata 3,25 dan berada pada kategori "Baik". Kelima, mahasiswa dapat meninjau proses penelitian, membandingkan dan mengevaluasi informasi dan data dengan skor rata-rata 3,27 dan berada pada kategori "Baik". Keenam, mahasiswa mampu mengelola, mengatur informasi secara profesional dan etis dengan skor rata-rata 3,23 dan berada pada kategori "Baik". Ketujuh, mahasiswa dapat mempersentasikan, menyajikan dalam bentuk yang tepat sesuai dengan konteks dengan skor rata-rata 3, 12 dan berada pada kategori "Baik. Jadi secara keseluruhan hasil analisis dari keseluruhan indikator bahwa kemampuan literasi informasi mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi angkatan 2017 Universitas Negeri Padang "Baik" dengan skor total rata-rata 3,27 dari keseluruhan indikator berada pada skala interval 2,52 - 3,27.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Jan 2021 01:38
Last Modified: 29 Jan 2021 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29680

Actions (login required)

View Item View Item