Pengembangan Trainer Programmable Logic Controller Ber basis Outseal PLC Shield V.2 Pada Mata Pelaj aran Instalasi Motor Listrik

Setyawan, Berlin (2020) Pengembangan Trainer Programmable Logic Controller Ber basis Outseal PLC Shield V.2 Pada Mata Pelaj aran Instalasi Motor Listrik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_HERLIN_SETYAWAN_16063066_1736_2020.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Dilaksanakanya penelitian ini dilandasi oleh masih kurangnya media pembelajaran PLC yang digunakan untuk mata pelajaran instalasi motor listrik pratikum PLC. Permasalahan tersebut disebabkan oleh mahalnya harga PLC yang biasa digunakan oleh sekolah untuk digunakan sebagai media pembelajaran pratikum PLC. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran trainer PLC yang valid dan praktis seta memiliki harga yang ekonomis untuk pembuatanya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development yang terdiri dari 7 langkah penelitian yakni: (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Teknik analisis data validitas menggunakan rumus CVR dan CVI sedangkan praktikalitas menggunakan rumus persentase. Jenis pengujian validitas digunakan pengujian validitas isi (ahli materi PLC) dan validitas konstruk (ahli media pembelajaran) dan praktikalitas di uji oleh guru dan siswa XII TITL SMKN 1 Padang. Hasil dari penelitian ini trainer PLC berbasis outseal PLC shield V.2 terintegrasi dengan power supply, push button, pilot lamp, tombol emergensi, limit switch, kontaktor, miniatur circuit breaker (MCB 3 Fasa), kontaktor dan thermal overload relay (TOR). Tingkat kevalitan isi sebesar 0,39 dan kevalitas konstruk sebesar 0,53 yang termasuk dalam kategori sangat valid. Persentase kepraktisan dari segi pandangan guru sebesar 90,63 % dan dari pandangan siswa sebesar 90,11 % yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Mengcu pada hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa trainer PLC berbasis outseal PLC shield V.2 sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran instalasi motor listrik pratikum PLC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:32
Last Modified: 28 Jan 2021 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29672

Actions (login required)

View Item View Item