Evaluasi Geometri Jalan dan Kerusakan Jalan Tambang dari Front ke Disposal pada Pit A PT. Minemax Indonesia Unit Penambangan Mandiangin, Sarolangun, Provinsi J ambi

Habibie, Ihsanul (2020) Evaluasi Geometri Jalan dan Kerusakan Jalan Tambang dari Front ke Disposal pada Pit A PT. Minemax Indonesia Unit Penambangan Mandiangin, Sarolangun, Provinsi J ambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
12_A_IHSANUL_HABIBIE_16080033_3617_2020.pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Pada kegiatan pernindahan material overburden, j alan tarnbang rnerupakan para meter penting untuk rnenunjang kinerja alat angkut. Pada jalan tarnbang sering dijurnpai kerusakan - kerusakan di badan jalan seperti, jalan berlubang dan permukaan jalan tidak rnulus. Hal ini biasanya disebabkan oleh kondisi geornetri jalan dan daya dukung tanah pada jalan tarnbang yang belurn rnernenuhi standar, sehingga perlu dilakukan evaluasi. Penelitian ini dilakukan darifront penarnbangan ke disposal pada Pit A PT. Minernax indonesia. Metode yang digunakan dalarn penelitian ini didasarkan pada rnetode pengukuran dan pengarnatan langsung dilapangan yang bertujuan untuk rnendapatkan hasil pada waktu sekarang dengan rnenyesuaikan standarisasi perhitungan teknis. Proses pernecahan rnasalah rnenggunakan rnetode perhitungan yang disertai tabel dan beberapa referensi yang terkait dengan penelitian. Penelitian dirnulai dengan pengarnbilan data geornetri dan kerusakan jalan actual dilapangan. Hasil perhitungan aktual geornetri jalan angkut berdasarkan standar yaitu lebar jalan lurus rninirnurn sebesar 10,5 rn, lebar jalan tikungan sebesar 14 rn, nilai superelevasi sebesar 9 % dengan bedatinggi yang harus dibuat antara sisi dalarn dan sisi terluar tikungan adalah 26,01 crn, kerniringan jalan sebesar 8%, bedatinggi pada cross slope yaitu 21 crn, dan tanggul pengarnan dengan tinggi 0,57 rn, dengan lebar 1,65 rn serta didapat jenis kerusakan yang terdapat dilapangan diantaranya impropercross section dengan rnetode perbaikan resetting/caping (rnenarnbah ketebalan permukaan jalan), rutting dengan cara repair maintenance, inadequate road site drainage dengan perbaikan maintenance, dust road dengan cara penyirarnan secara berkala rnenggunakan water truck dan loose agragate dengancara maintenance.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Jan 2021 06:49
Last Modified: 28 Jan 2021 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29662

Actions (login required)

View Item View Item