Optimasi Sumber Nitrogen Organik dan Karbon untuk Produksi Senyawa Antibakteri oleh Bakteri Endofit Tumbuhan Andalas (Morus Macroura Miq.) Isolat B.J.T.A.2.1

Febrina, Miftahul (2021) Optimasi Sumber Nitrogen Organik dan Karbon untuk Produksi Senyawa Antibakteri oleh Bakteri Endofit Tumbuhan Andalas (Morus Macroura Miq.) Isolat B.J.T.A.2.1. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_MIFTAHUL_FEBRINA_16032015_486_2020.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Isolat B.J.T.A.2.1 merupakan bakteri endofit tumbuhan Andalas (Marus macraura Miq.) yang diketahui mampu menghasilkan senyawa aktif antibakteri, khususnya terhadap bakteri Gram positif. Senyawa antibakteri diproduksi melalui proses fermentasi. Fermentasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu nya adalah komposisi medium. Medium kultur harus mengandung semua elemen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bakteri, seperti karbon dan nitrogen. Tujuan penelitian ini adalah mengoptimasi jenis dan konsentrasi sumber nitrogen organik dan karbon untuk produksi senyawa antibakteri oleh bakteri endofit B.J.T.A.2.1. Rancangan yang digunakan pada peneltian ini adalah rancangan acak lengkap faktorial (RAL Faktorial). Optimasi jenis nitrogen organik menggunakan beef extract, yeast extract, peptan water, dan malt extract. Konsentrasi yang digunakan 0,5%, 1 %, 1,5% dan 2%. Optimasi sumber karbon menggunakan maltosa, laktosa, sukrosa, glukosa dan amilum, dengan konsentrasi 0,5% dan 2%. Uji aktivitas antibakteri dilakukan dengan metode difusi kertas cakram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber nitrogen organik yang terbaik untuk produksi senyawa antibakteri oleh bakteri endofit Andalas (Marus macraura Miq) isolat B.J.T.A.2.1 adalah beef extract dengan konsentrasi 0,5%. Sedangkan sumber karbon terbaik untuk memproduksi senyawa antibakteri adalah laktosa, sukrosa dan amilum, serta konsentrasi karbon tidak mempengaruhi aktivitas senyawa aktif yang dihasilkan. Tidak terdapat interaksi antara jenis dan konsentrasi sumber nitrogen organik dan karbon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:41
Last Modified: 05 Apr 2021 00:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29661

Actions (login required)

View Item View Item