Analisis Tindak Tutor Lokusi dan Ilokusi dalam Program Ini Talk Show Net Tv serta Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Syahri', Novia (2020) Analisis Tindak Tutor Lokusi dan Ilokusi dalam Program Ini Talk Show Net Tv serta Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NOVIA_SYAHRI_16016060_1662_2020.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk tindak tutur lokusi dan ilokusi yang terdapat pada program Ini Talk Show di Net Tv, sekaligus mendeskripsikan fungsi tuturan. Data dalam penelitian adalah tuturan yang disampaikan oleh pembawa acara serta bintang tamu yang diundang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak bebas libat cakap serta teknik catat. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan beberapa hal berikut ini. Pertama, dalam penelitian ini ditemukan tindak tutur lokusi sebanyak 16 tuturan. Kedua, tindak tutur ilokusi yang ditemukan dalam penelitian ini berjumlah 27. Masing-masing tindak tutur ilokusi itu adalah asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Ditemukan sebanyak 12 tuturan dalam bentuk ilokusi asertif, 10 tuturan dalam bentuk ilokusi direktif, 1 tuturan dalam bentuk ilokusi komisif, 3 tuturan dalam bentuk ilokusi ekspresif, dan 1 tuturan dalam bentuk ilokusi deklaratif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Jan 2021 03:12
Last Modified: 28 Jan 2021 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29640

Actions (login required)

View Item View Item