Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang

Khairatunnisa, Khairatunnisa (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_KHAIRATUNNISA_16016106_1692_2020.pdf

Download (931kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang menggunakan model pembelajaran konvensional/metode ceramah. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Ketiga, menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang. J enis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah randomized two group design posttest only. Populasi dalam Penelitian ini adalah siswa kelas IX Muhammadiyah 1 Padang tahun 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.I menggunakanan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan kelas IX.2 menggunakan model pembelajaran konvensional/metode ceramah. Data penelitian ini adalah basil tes keterampilan menulis teks diskusi menggunakan model ceramah dan nilai dari basil tes keterampilan menulis teks diskusi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji t. Instrumen penelitian ini adalah teks unjuk kerja. Hasil penelitin ini ada tiga yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX.2 SMP Muhammadiyah 1 Padang menggunakan model konvensional/metode ceramah berada pada kualifikasi hampir cukup (HC) dengan rata-rata 49, 11. Kedua, keterampilan menulis teks diskusi menggunakan model kooperatif tipe think pair share siswa kelas IX. I berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 83,37. Ketiga, berdasarkan uji-t, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model kooperatiftipe think pair share terhadap keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang karena ttabel < thitung (1.70 < 43.4679). Berdasarkan basil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share lebih baik dibandingkan menggunakan model konvensional/metode ceramah. Perbedaan itu terlihat signifikansi bersasarkan uji-t, yaitu thitung > ttabel (43,368 >1,70). Dengan kata lain, pembelajaran model kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:09
Last Modified: 27 Jan 2021 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29623

Actions (login required)

View Item View Item