Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA Negeri 5 Solok Selatan Kabupaten Solok Selatan

Putra, Donal Yulia (2020) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA Negeri 5 Solok Selatan Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DONAL_YULIA_PUTRA_16086328_3180_2020.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar penjasorkes yang diperoleh oleh siswa SMA Negeri 5 Solok Selatan. Hal ini diduga karena faktor motivasi siswa untuk belajar masih kurang baik, sehingga siswa banyak yang tidak fokus dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Solok Selatan Kabupaten Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Untuk dapat melihat tingkat hubungan satu variabel atau lebih. Sebagai variabel bebas (x) adalah motivasi belajar sedangkan variabel terikat (y) adalah hasil belajar. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian angket dan hasil belajar siswa akhir semester secara primer. Berdasarkan dari analisis menggunakan rumus product moment dalam penelitian ini sesuai hipotesis yang diajukan diterima, didapat rhitung=0,588 > rtabel=0,279 pada taraf signifikan alfa=0,005, maka terdapat hubungan hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Solok Selatan. Sedangkan untuk uji signifikan (distribusi t) diperoleh thitung=3,49 > ttabel=1,714. Maka terdapat hubungan seacara signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Solok Selatan dan kontribusi sebesar 34,81%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:09
Last Modified: 27 Jan 2021 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29619

Actions (login required)

View Item View Item