Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa Kelas XI IPA SMAN 7 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020

Hafiza, Hafiza (2021) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa Kelas XI IPA SMAN 7 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_HAFIZA_15029102_627_2020.pdf

Download (756kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan pada Sekolah Menengah Atas yaitu siswa memiliki kemampuan penalaran yang baik. Namun menurut hasil tes yang dilakukan di SMAN 7 Padang, ditemukan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah. Hal ini disebabkan, siswa terbiasa mengerjakan soal rutin dan model pembelajaran yang digunakan kurang mampu meningkatkan kemampuan penalaran mereka. Jika kemampuan penalaran rendah, maka siswa akan kesulitan melakukan aktivitas yang membutuhkan kemampuan bemalar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran langsung dan untuk mengetahui serta mendeskripsikan bagaimana kemampuan penalaran siswa tiap indikator selama belajar menggunakan model PBL di kelas XI IPA SMAN 7 Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasy-eksperimen dengan Randomized Control-Group Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 7 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal kemampuan penalaran matematis berbentuk essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa, diperoleh P-value = 0.003 kurang dari a = 0.05; artinya kemampuan penalaran matematis siswa yang Pembelajarannya dengan penerapan model PBL lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran langsung. Hasil kuis dan tes yang diperoleh menunjukkan, PBL memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa tiap indikator di kelas XI di SMAN 7 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:41
Last Modified: 05 Apr 2021 00:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29618

Actions (login required)

View Item View Item