Evaluasi Program Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Al-khoir Padang Lawas Sumatera Utara

Harahap, Nurhasanah (2020) Evaluasi Program Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Al-khoir Padang Lawas Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_NURHASANAH_HARAHAP_17138106_1417_2020.pdf

Download (704kB) | Preview

Abstract

Program ekstrakurikuler adalah proses pembelajaran yang dilakukan diluar sekolah. Ekstrakurikuler diadakan untuk menumbuhkan minat dan bakat santri, akan tetapi santri putra masih kurang berminat untuk mengikuti program ini. Sarana dan prasarana yang tersedia masih kurang seperti pada tata boga menjahit serta komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Al-khoir Padang Lawas Sumatera Utara yang meliputi komponen context, input, process dan Product. Model evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah model yang dikembangkan oleh Stufflebeam yaitu model evaluasi CIPP ( Context, Input, Process, Product). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode gabungan (mixed method) yaitu kualitatif dan kuantitatif Metode kualitatif dengan melakukan wawancara kepada guru sedangkan untuk kuantitatif menyebar angket kepada siswa. Responden penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan data kuantitatif adalah sebanyak 179 santri. Untuk memperoleh data kualitatif yaitu dengan wawancara kepada Pimpinan Pondok Pesantren Al-khoir, Kepala Sekolah, dan pembimbing program ekstrakurikuler. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa data komponen context memiliki tingkat capaian responden 82, 18% yaitu kategori baik. Analisis data ditemukan bahwa data komponen input memiliki tingkat capaian responden 80, 16% yaitu kategori baik. Analisis data ditemukan bahwa data komponen process memiliki tingkat capaian responden 77,33% yaitu kategori cukup. Data kualitatif didapatkan dari hasil wawancara kepada informan menunjukkan hasil dalam kategori cukup. Analisis data ditemukan bahwa data komponen Product memiliki tingkat capaian responden 81,73% yaitu kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa program ekstrakurikuler komponen context kategori baik, komponen input kategori baik, komponen process kategori cukup, dan komponen Product kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Jan 2021 01:53
Last Modified: 27 Jan 2021 01:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29614

Actions (login required)

View Item View Item