Pemodelan Estimasi Volume Lapisan Sandstone Dengan Menggunakan Metode Indicator Kriging di Kee. Koto Tangah dan Kee. Pauh Kota Padang

Cressendo, Hedsing (2020) Pemodelan Estimasi Volume Lapisan Sandstone Dengan Menggunakan Metode Indicator Kriging di Kee. Koto Tangah dan Kee. Pauh Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
11_A_HEDSING_CRESSENDO_18137050_639_2020.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

Kriging merupakan analisis data geostatistika yang digunakan untuk mengestimasi besarnya nilai yang mewakili suatu titik yang tidak tersampel berdasarkan titik-titik tersampel yang berada disekitarnya dengan mempertimbangkan korelasi spasial yang ada dalam data tersebut. Kriging merupakan suatu metode interpolasi yang menghasilkan prediksi atau estimasi tak bias dan memiliki kesalahan minimum. Indikator kriging adalah suatu metode estimasi yang tidak membutuhkan asumsi normalitas data dan juga dapat digunakan untuk mengatasi data yang mempunyai outlier yang signifikan. Output dari indicator kriging merupakan nilai estimasi pada ambang batas yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini, tujuan yang ingin dieapai adalah mengetahui langkah-langkah untuk pengestimasian dengan menggunakan metode indicator kriging dan penerapannya dalam mengestimasi volume lapisan sandstone berdasarkan lithologi log bar di Kee. Koto Tangah dan Kee. Pauh Kota Padang. Informasi basis data untuk estimasi diperoleh dari kegiatan pemboran eksplorasi berasal dari 7 data lubang bor di Kee. Koto Tangah dan 4 lubang bor di Kee. Pauh dengan kedalaman bervariasi antara 50 meter hingga kedalaman 200 meter. Estimasi volume lapisan sandstone berdasarkan ketebalan dengan menggunakan indicator kriging didapatkan volume untuk lapisan sandstone di Kec.Koto Tangah sebesar 1.359.375 rrr'dan di Kee.Pauh sebesar 1.406.250 m3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Jan 2021 01:52
Last Modified: 27 Jan 2021 01:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29607

Actions (login required)

View Item View Item