Analisis Pemilihan AlternatifInvestasi Alat MuatDan Alat Angkut Terhadap Efisiensi PenambanganBatubara Pit Central Timur PT. Allied Indo Coal Jaya, Parambahan, Sawahlunto, Provinsi SumateraBarat

Ardianti, Nurul Anisa (2020) Analisis Pemilihan AlternatifInvestasi Alat MuatDan Alat Angkut Terhadap Efisiensi PenambanganBatubara Pit Central Timur PT. Allied Indo Coal Jaya, Parambahan, Sawahlunto, Provinsi SumateraBarat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
12_A_NURUL_ANISA_ARDIANTI_18137067_614_2020.pdf

Download (740kB) | Preview

Abstract

Adanya peningkatan nilai kurs dollar terhadap nilai rupiah yang mencapai nilai Rp. 14.091/$USD sepanjang 2019 berdasarkan CNBC Indonesia dan dengan turunnya harga batubara dipasar dunia yang dihitung berdasarkan rata-rata Indonesia Coal Index (!CI) hanya sebesar 66,27 USD/ton sangat berdampak terhadap PT. Allied Indo Coal J aya. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan penulis pada tambang batubara PT. Allied Indo Coal J aya data produksi pada bulan oktober menunjukkan ketidaktercapaian target yaitu hanya sebesar 62% untuk batubara dan 30% untuk overburden dari target produksi yang seharusnya sebesar 36. 000 ton batubara/ bulan dan overburden sebanyak 250.000 lcm/ bulan. Keterkaitan antara target produksi dengan kemampuan produksi alat akan menentukan efisiensi biaya operasi (operating cost) dan biaya kepemilikan (owning cost) dan biaya investasi alat. Dengan metode Net Present Value dan Internal Rate Return kita dapat mengetahui kelayakan investasi alat muat dan alat angkut dalam hubungannya dengan efisiensi kerja dan efisiensi penggunaan alat muat dan alat angkut yang dipakai guna memenuhi target tersebut serta hubungannya terhadap investasi alat dan umur tambang itu sendiri. Berdasarkan Cash Flow yang telah dibuat oleh penulis, serta analisis berdasarkan metode Net Present Value dan Internal Rates Return. Excavator Komatsu PC 210 bemilai positif untuk metode NPV dan memiliki rates diatas MARR untuk semuajenis metode pembelian. Excavator CAT 3300 bemilai positif untuk metode NPV dan memiliki rates diatas MARR untuk semua jenis metode pembelian. Dumptruck Hino Ranger bemilai positif untuk metode NPV dan memiliki rates diatas MARR untuk semua jenis metode pembelian. Dumptruck Isuzu Giga bemilai positif untuk metode NPV dan memiliki rates diatas MARR untuk semua jenis metode pembelian. Estimasi nilai Break Even Stripping Ratio yang telah penulis hitung berdasarkan data biaya bemilai 1,664 dimana penambangan tersebut terbilang masih menguntungkan untuk Stripping Ratio sebesar 1: 13,4.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Jan 2021 01:52
Last Modified: 27 Jan 2021 01:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29604

Actions (login required)

View Item View Item