Optimalisasi Produktivitas Alat Gali-Muat dan Alat Angkut Untuk Mencapai Target Produksi 93.333 Ton Di Temporary Stock IA Menuju Dump Hopper 4 Satuan Kerja Penanganan Batubara Blok Timur Site Banko Barat, Tanjung Enim, Sumatera Selatan

Nefriyanti, Nefriyanti (2020) Optimalisasi Produktivitas Alat Gali-Muat dan Alat Angkut Untuk Mencapai Target Produksi 93.333 Ton Di Temporary Stock IA Menuju Dump Hopper 4 Satuan Kerja Penanganan Batubara Blok Timur Site Banko Barat, Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
12_A_NEFRIYANTI_16080059_65_2020.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

PT. Bukit Asam, Tbk sebagai salah satu BUMN di bawah Departemen Pertambangan dan Energi, merupakan pengelolahan utama industri pertambangan batubara di Indonesia, berlokasi di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Sistem penambangan yang digunakan oleh PT. Bukit Asam adalah tambang terbuka dengan metode konvensional dan continuous mining yang berlokasi di Tambang Air Laya (TAL), Tambang Muaro Tiga besar (MTB), dan Tambang Banko Barat. Lokasi Penambangan di Pit 1 Timur merupakan bagian dari areal penambangan Tambang Banko Barat yang di tam bang dengan metode penambangan terbuka ( surrface mining) yang dilakukan dengan sistem penambangan konvensional (kombinasi Excavator dan Dump Truck). Target produksi pada pengangkutan batubara yang telah direnacakan oleh PT. Bukit Asam, Tbk pada bulan februari 2019 di pit 1 Timur Banko Barat sebesar 93.333 ton/bulan, dan ketercapaian target di lapangan sebesar 65.440 ton/bulan. Hal ini disebabkan kama ketidakserasian kerja alat gali-muat dan alat angkut yaitu MF < 1 dimana terdapat waktu tunggu bagi alat gali-muat untuk menunggu alat angkut yang belum datang, dan waktu kerja yang tidak optimal yang disebabkan beberapa faktor yaitu terlambat memulai kerja, pulang lebih cepat, terlalu cepat istirahat, pengisian BBM dan pengecekan berkala diwaktu produksi, dan antrian di Dump Hopper. Setelah dilakukan perbaikan jam kerja, maka produksi untuk alat gali-muat sebesar 115.506,133 ton/bulan dan alat angkut 98.400,831 ton/bulan, apabila kita melakukan pengangkutan batubara dengan menggunakan 1 unit Excavator Volvo Ee 480 El dan 8 unit Dump Truck Udquester 280.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Jan 2021 01:52
Last Modified: 27 Jan 2021 01:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29600

Actions (login required)

View Item View Item