Program Buku Bergulir Perpustakaan Nagari Saok Laweh dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat di Nagari Saok Laweh Kecamatan Kubung Kabupaten Solok

Mustika, Fitriya, (2020) Program Buku Bergulir Perpustakaan Nagari Saok Laweh dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat di Nagari Saok Laweh Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_FITRIYA_MUSTIKA_17026030_2112_2020.pdf

Download (935kB) | Preview

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan pertama, bagaimana program buku bergulir Perpustakaan Nagari Saok Laweh dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Nagari Saok Laweh Kecamatan Kubung Kabupaten Solak; kedua bagaimana Perpustakaan N agari Saok Laweh dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Nagari Saok Laweh Kecamatan Kubung Kabupaten Solak; ketiga apa saja kendala dan upaya program buku bergulir dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Nagari Saok Laweh Kecamatan Kubung Kabupaten Solak. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, program buku bergulir Perpustakaan Nagari Saok Laweh dalam meningkatkan minat baca masyarakat di N agari Saok Laweh adalah melalui tahap perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Program buku Bergulir Perpustakaan N agari Saok Laweh sebagai media pembelajaran sepanjang hayat bagi masyarakat di Nagari Saok Laweh. Program buku bergulir mampu membantu masyarakat mengembangkan ketcrampilan yang dimiliki melalui pemanfaatan bahan bacaan dari program buku bergulir. Kedua, perpustakaan Nagari Saok Laweh dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Nagari Saok Laweh adalah dengan meningkatkan layanan perpustakaan di sekolah dan lingkungan masyarakat melalui penyediaan bahan bacaan berupa buku yang beragam dan bervariasi, mendukung sistem pembelajaran di sekolah dengan menyediakan beragam bahan bacaan di Perpustakaan N agari Saok Laweh, melalui program buku bergulir Perpustakaan N agari Saok Laweh mampu membantu masyarakat mengontrol penggunaan media elektronik terhadap anak dengan mengajak anak membaca buku yang digulirkan perpustakaan, dan melakukan kerjasama dengan pihak lain seperti: kerjasama dengan perpustakaan umum Kabupaten Solak untuk mendapatkan bahan bacaan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan minat baca. Ketiga, berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kendala dalam meningkatkan minat baca masyarakat melalui program buku bergulir di Nagari Saok Laweh adalah pada perawatan buku yang rusak akibat pemakaian secara bergulir oleh masyarakat dan pengembalian buku tertunda akibat buku hilang atau rusak oleh peminjam, Kemudian, upaya dalam mengatasi kendala adalah dengan mengingatkan kepada masyarakat untuk merawat buku dengan baik agar buku dapat digunakan dalam jangka waktu lama dan memberikan sanksi apabila buku hilang atau rusak dengan mengganti buku sesuai subjek buku yang dipinjarn.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jan 2021 01:52
Last Modified: 27 Jan 2021 01:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29596

Actions (login required)

View Item View Item