Pengembangan Game Edukasi "Mari Bersiap Hadapi Bencana" Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Construct 2

Greggi, Aditya (2020) Pengembangan Game Edukasi "Mari Bersiap Hadapi Bencana" Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Construct 2. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1.03_A_ADITYA_GREGGI_15004040_704_2020.pdf

Download (866kB) | Preview

Abstract

Kesiapan masyarakat Indonesia terhadap bencana alam sangat minim. Hal ini bisa dilihat dari minimnya pemahaman masyarakat tentang bencana alam dan tindakan apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana alam. Kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan terns menerus terjadi tanpa adanya suatu upaya terencana dan tepat guna. Jadi diperlukan media bagi masyarakat yang memuat informasi mengenai kesiapsiagaan terhadap bencana alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi yang layak dan praktis sesuai dengan kriteria kelayakan materi dan media. Game edukasi mari bersiap hadapi bencana dirancang untuk menanamkan nilai kesiapsiagaan terhadap bencana alam. Jenis penelitian nu adalah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan Four D (4-D) yang merupakan singkatan dari define, design, development, dan dissemination. Uji kelayakan produk dilakukan melalui ahli materi dan validator ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada 10 orang siswa SMA di kota Padang. Alat pengumpulan data berupa angket, dokumentasi dan format penilaian. Proses pengembangan game edukasi terdiri dari empat tahapan, tahap pertama adalah pendefinisian yang mencakup analisis kebutuhan yang mengacu pada fenonema yang terlihat dalam masyarakat yaitu masyarakat yang kurang tanggap dalam menghadapi bencana alam dan masyarakat yang gemar bermain game, dan analisis konten berisi tindakan yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah terjadinya bencana gempa bumi. Tahap kedua adalah perancangan game edukasi sesuai dengan hasil yang telah didapatkan dari analisis kebutuhan dan analisis konten, perancangan berupa flowchart dan storyboard. Tahap ketiga adalah pengembangan game edukasi sesuai dengan rancangan yang telah didapat pada tahap perancangan. Tahap keempat adalah penyebaran game edukasi yang telah dikembangkan, disebarkan melalui link google drive agar bisa menjangkau pengguna secara luas. Basil uji kelayakan produk menunjukkan bahwa produk layak digunakan, untuk aspek materi disimpulkan bahwa materi game edukasi berada pada kategori "Sangat Sesuai", untuk aspek media disimpulkan bahwa media game edukasi berada pada kategori "Sangat Layak" yang dilihat dari karakter, kelengkapan program, dan fitur tambahan. Angket praktikalitas yang disebarkan kepada siswa SMA menyimpulkan bahwa game edukasi "Sangat Praktis''.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Jan 2021 02:28
Last Modified: 26 Jan 2021 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29570

Actions (login required)

View Item View Item