Analisis Kompetensi Guru Produktif Menggambar Dengan Perangkat Lunak Di SMK Kota Padang

Potra, Yocky Syaida Adha (2020) Analisis Kompetensi Guru Produktif Menggambar Dengan Perangkat Lunak Di SMK Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_05_A_SILVIA_MARTI_VERI_17138041_1441_2020.pdf

Download (513kB) | Preview

Abstract

Lulusan SMK Bidang Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang belum sepenuhnya terserap oleh dunia usaha dan dunia industri. Salah satu penyebabnya adalah karena tidak link and match antara kompetensi yang diajarkan guru dengan yang diinginkan dunia usaha dan dunia industri terhadap lulusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi yang dibutuhkan guru produktif menggambar dengan perangkat lunak agar lulusan yang dihasilkan bisa memiliki kompetensi yang diinginkan oleh dunia usaha dan dunia industri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini berupa deskriptif naratif. Sumber data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber terdiri dari perusahaan konsultan perencana dan pengawasan, Dosen jurusan pendidikan teknik bangunan Universitas Negeri Padang dan Guru megajar menggambar dengan perangkat lunak di SMK Nl Padang dan di SMK Nl SUMBAR. Teknik pengumpulan data dengan interaktif dan non interaktif dan dilakukan pengelompokkan hasil penelitian dengan teknik snowball untuk menjenuhkan hasil penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif (Reduksi data, Penyajian data dan Verifikasi data). Keabsahan data dilakukan Triangulasi Sumber. Hasil dari analisis dilakukan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: ( 1) Guru hams menguasai ilmu menggambar, estimasi biaya, waktu, mutu dan K3 pada konstruksi gedung, irigasi dan transportasi. (2) Guru hams memotivasi dan menjelaskan kepada lulusan menggambar dengan perangkat lunak bagaimana lingkungan kerja, dan tekanan yang akan dihadapi di dunia kerja. (3) Guru hams mengajar etika berkomunikasi dan soft skill yang baik dan benar serta guru tetap menjaga wibawa sebagai seorang guru. (4) Guru hams mengikuti perkembangan software dan juga menguasai penggunaanya. (5) Guru hams mampu menggunakan perkembangan IT untuk menambah referensi dan pengembangan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Jan 2021 01:22
Last Modified: 26 Jan 2021 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29565

Actions (login required)

View Item View Item