Konsep Pengevaluasian Kurikulum pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang Mengacu kepada Standar AUN-QA Kriteria-3.

Dolly, Vice Pramutia (2020) Konsep Pengevaluasian Kurikulum pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang Mengacu kepada Standar AUN-QA Kriteria-3. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_VICE PRAMUTIA_DOLLY_17138114_1355_2020.pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Lulusan berkualitas didukung oleh proses penyelenggaraan pendidikan yang efisien, perbaikan kompetensi secara berkesinambungan, dan kurikulum yang tepat. Kurikulum menjadi bagian yang penting dalam dunia pendidikan. Setiap instansi pendidikan mengharapkan lulusan memiliki kualitas yang unggul, moral yang baik, pengetahuan dan kompetensi kerja yang terampil. Mutu lulusan yang berkualitas akan meningkatkan permintaan stakeholder untuk merekrut tenaga kerja di dunia industri terkait. Untuk itu diperlukan menerapkan program yang berkualitas dalam upaya memberikan layanan terbaik untuk kegiatan pendidikan. Penelitian ini membahas program yang dilakukan oleh program studi kejuruan dan pendidikan teknik elektro (EEVE) dalam mencapai tujuan untuk dilakukan assessment oleh AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance) dalam melakukan evaluasi kurikulum. AUN-QA bertujuan untuk melakukan penjaminan mutu program studi yang menjadi anggota AUN, serta membimbing dan memandu universitas untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas universitas. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif menggunakan metode komparatif ex-postfacto dengan jenis correlational study. Penelitian dilakukan dengan pengumpulan data, seperti observasi, wawancara, pengamatan lapangan dan studi dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan sebuah konsep dan hasil evaluasi kurikulum pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, dalam hal memenuhi kebutuhan dasar untuk lulusan yang berkualitas, berkompeten dan profesional sesuai dengan standar AUN-QA kriteria-3. Melalui penelitian ini diharapkan menjadi sebuah pola bagi program studi lain untuk melakukan evaluasi kurikulum sehingga mencetak lulusan yang unggul, berkompeten dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Jan 2021 01:22
Last Modified: 26 Jan 2021 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29564

Actions (login required)

View Item View Item