Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Fasilitas Belaj ar terhadap Hasil Belaj ar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin(DPTM) di SMK Negeri 1 Sumbar.

Putra, Oki Darwis Prima (2021) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Fasilitas Belaj ar terhadap Hasil Belaj ar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin(DPTM) di SMK Negeri 1 Sumbar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_OKI_DARWIS_PRIMA_PUTRA_1201986_3627_2021.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin (DPTM) di SMK Negeri 1 Sumbar. Hasil belajar siswa secara keseluruhan belum memenuhi batas KKM. Faktor penyebabnya minat siswa dalam pelajaran DPTM rendah, kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran, kemandirian dalam belajar serta kurangnya kesadaran dalam memanfaatkan fasilitas belajar dengan baik. Penelitian ini tergolong jenis penelitian korelasional kuantitatif yaitu penelitian dengan menggunakan angka dengan tujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh variabel (X) dengan variabel (Y). Populasi pada penelitian ini berjumlah 70 siswa Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Sumbar dan sampel penelitian sebanyak 50 siswa. Hasil analisis data penelitian yang dilakukan pada 50 responden menunjukkan nilai Adjusted R2 = 0,028 = 2,8%. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel bebas yaitu kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat yaitu hasil belajar siswa sebesar 2.8% dan sisanya dipengaruhi oleh sebab lain yang tidak masuk dalam penelitian llll.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jan 2021 01:22
Last Modified: 26 Jan 2021 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29560

Actions (login required)

View Item View Item