Belajar Rekorder dengan Bantuan Aplikasi Whatsapp pada Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 14 Solok Selatan pada Masa Pandemi Covid-19

Idrus, Farhan Shah (2020) Belajar Rekorder dengan Bantuan Aplikasi Whatsapp pada Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 14 Solok Selatan pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FARHAN_SHAH_IDRUS_16023113_2178_2020.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini berlatar belakang pembelajaran seni budaya musik di SMP 14 Solok Selatan yang dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19. Sehingga tidak ada pembelajaran tatap muka, kecuali pelaksanaan pembelajaran daring yang dilaksanakan guru dan siswa secara tidak langsung. Tujuan penelitian adalah menjelaskan pelaksanaan belajar rekorder dengan bantuan aplikasi whatsapp pada pembelajaran seni musik di SMP Negeri 14 Solok Selatan pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan dengan pendekatan deskriptif analisis. Objek penelitian adalah guru dan siswa kelas VII-3 sebanyak 24 orang, yang melaksanakan pembelajaran rekorder menggunakan aplikasi wa yang dipandu guru dari sekolah untuk siswa yang belajar di rumah. Instrumen penelitian adalah pengamatan, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi wa untuk pembelajaran rekorder bagi siswa kelas VII-3 SMP Negeri 14 Solok Selatan memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah pada kemudahan penggunaan aplikasi dalam pembelajaran, karena bisa dengan mudah melakukan tukar-menukar chatt, foto, audio, dan video yang berhubungan dengan materi pelajaran. Namun kekurangannya terletak pada ketidak tersediaan perangkat hp pada siswa, jaringan internet yang belum merata, dan mahalnya quota-data internet untuk menfasilitasi data penggunaan wa untuk pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jan 2021 01:22
Last Modified: 26 Jan 2021 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29556

Actions (login required)

View Item View Item