Konsep Model Discovery Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Menurut Pandangan Para Ahli

Mitra, Yulia (2020) Konsep Model Discovery Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Menurut Pandangan Para Ahli. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_YULIA_MITRA_16129437_4014_2020.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam observasi yang dilaksanakannya yakni pelaksanaan pembelajaran masih kurang variatif, proses pembelajaran memiliki kecenderungan pada metode tertentu (konvensional), dan tidak memperhatikan tingkat pemahaman siswa terhadap informasi yang disampaikan. Siswa kurang aktif dalam proses belajar, siswa lebih banyak mendengar dan menulis, menyebabkan isi pelajaran sebagai hafalan sehingga siswa tidak memahami konsep yang sebenarnya. Sejauh ini pendidikan kita masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas terfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan. Masih ada beberapa guru yang menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa sehingga membuat siswa kurang serius dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitan kepustakaan (library research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya digali melalui beragam informasi kepustakaan (buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah, dan dokumen). Penelitian dengan studi literatur adalah sebuah penelitian yang persiapannya sama dengan penelitian lainnya akan tetapi sumber dan metode pengumpulan data dengan cara mengambil data di pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian. Meskipun merupakan sebuah penelitian, penelitian dengan studi literatur tidak harus turun ke lapangan dan bertemu dengan responden Hasil penelitian menunjukkan bahwa Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa aktif untuk mencari atau menemukan sendiri konsep atau prinsip yang dipelajari, sehingga menghasilkan sesuatu yang baru yang membuat pembelajaran lebih bermakna. Discovery Learning membuat pembelajaran yang aktif menggali dan menentukan konsep yaitu pada model Discovery learning dimana model ini sangat mementingkan partisipasi aktif dari siswa dalam pembelajaran sedangkan guru berperan sebagai pembimbing dalam belajar. Salah satu pendekatan dalam pembelajaran terpadu (integrated instruction) yang merupakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok, aktif menggali dan menentukan konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna, dan autentik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Jan 2021 02:32
Last Modified: 25 Jan 2021 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29553

Actions (login required)

View Item View Item