Pengaruh Kepemilikan Keluarga, Ukuran Dewan Direksi, dan Proporsi Direktur Independen Terhadap Tingkat Pengungkapan Sukarela.

Ridwan, Ridwan (2019) Pengaruh Kepemilikan Keluarga, Ukuran Dewan Direksi, dan Proporsi Direktur Independen Terhadap Tingkat Pengungkapan Sukarela. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
A_06_RIDWAN_4813_15043031_2019.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan keluarga, ukuran dewan direksi, dan proporsi direktur independen terhadap tingkat pengungkapan sukarela. Penelitian ini tergolong penelitian kausatif. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2017. Dengan menggunakan metode purposive sampling, terdapat 57 perusahaan sebagai sampel penelitian. Kepemilikan keluarga diukur dengan persentase kepemilikan saham, ukuran dewan direksi diukur dengan jumlah dewan direksi perusahaan, proporsi direktur independen diukur dengan persentase direktur independen pada struktur dewan dan pengungkapan sukarela diukur dengan Indeks pengungkapan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Kepemilikan keluarga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat pengungkapan sukarela, Ukuran dewan direksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pengungkapan sukarela, dan Proporsi direktur independen berpengaruh tidak signifikan terhadap tingkat pengungkapan sukarela.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - D3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jan 2021 02:31
Last Modified: 25 Jan 2021 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29535

Actions (login required)

View Item View Item