Pengaruh Siklus Hidup Perusahaan dalam Memoderasi Hubungan Manajemen Laba dan Cost of quity Capital (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2017)

Rizal, Indri Adelina (2019) Pengaruh Siklus Hidup Perusahaan dalam Memoderasi Hubungan Manajemen Laba dan Cost of quity Capital (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2017). Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
A_06_INDRI_ADELINA_RIZAL_4236_15843055_2019.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris apakah manajemen laba dapat mempengaruhi cost of equity capital dan apakah siklus hidup perusahaan dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara manajemen laba dengan cost of equity capital. Manajemen Laba dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan proxy discretionary accrual. Siklus hidup perusahaan diukur dengan menggunakan pola arus kas perusahaan dan cost of equity capital diukur menggunakan pengukuran model Ohlson (1995) yang telah dimodifikasi oleh utami (2005). Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian yang bersifat kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 5 tahun yakni dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2017. Sedangkan sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 60 perusahaan sampel. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah manajemen laba berpengaruh positif tidak signifikan terhadap cost of equity capital dan siklus hidup perusahaan tidak mampu memperkuat atau memperlemah hubungan manajemen laba dengan cost of equity capital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - D3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jan 2021 02:29
Last Modified: 25 Jan 2021 02:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29515

Actions (login required)

View Item View Item