Analisis Implementasi Good Governance pada Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari (Studi Pada Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih dan Koto Nan Tigo Selatan Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan)

Candra, Gustiman (2019) Analisis Implementasi Good Governance pada Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari (Studi Pada Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih dan Koto Nan Tigo Selatan Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
A_06_GUSTIMAN_CANDRA_4807_14043071_2019.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari (APBNagari) di Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih dan Koto Nan Tigo Selatan Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan dan Mengetahui bagaimana implementasi good governance pada pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari (APBNagari) di Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih dan Koto Nan Tigo Selatan Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pengelolaan APBNagari pada Koto Nan Tigo Utara Surantih dan Koto Nan Tigo Selatan Surantih berdasarkan Permendagri Nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa terdapat permasalahan pada tahap perencanaan. Nagari Koto Nan Tigo Selatan Surantih dan Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih terlambat dalam penetapan APBNagari. Terlambatnya penetapan APBNagari dikarenakan lamanya peraturan dari kabupaten ke nagari dikeluarkan. Tahapan penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban sudah sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.(2) Implementasi prinsip-prinsip Good Governance pada pengelolaan APBNagari pada nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih dan Koto Nan Tigo Selatan Surantih sudah dilaksanakan cukup baik oleh pemerintah nagari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - D3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Jan 2021 06:24
Last Modified: 22 Jan 2021 06:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29508

Actions (login required)

View Item View Item