Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Menulis Teks Puisi Rakyat di SMP Negeri 8 Padang

Fahmesvi, Bunga (2020) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Menulis Teks Puisi Rakyat di SMP Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_BUNGA_FAHMESVI_16016092_1998_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran menulis teks puisi rakyat meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Kedua, mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung pembelajaran menulis teks puisi rakyat di SMP Negeri 8 Padang yang bermuatan pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kombinasi desain concurent triangulation. Instrumen penelitian ini terdiri atas empat, yaitu pedoman observasi kegiatan guru mengajar, wawancara, angket penelitian, dan pedoman analisis dokumen. Teknik penganalisisan data dilakukan dengan 3 prosedur, yaitu (1) analisis deskriptif, (2) analisis deskriptifkualitatif,dan (3) membuat simpulan. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan disimpulkan beberapa hal. Pertama, secara keseluruhan perencanaan pembelajaran yang bermuatan karakter dalam pembelajaran menulis teks puisi rakyat di SMP Negeri 8 Padang, yaitu silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mencakup unsur-unsur yang bermuatan pendidikan karakter dengan memfokuskan pada tiga nilai karakter, yaitu nilai religius, kreatif, dan kerjasama. Kedua, secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran yang bermuatan karakter dalam pembelajaran menulis teks puisi rakyat di SMP Negeri 8 Padang, yaitu ( 1) kegiatan pendahuluan yang bermuatan pendidikan karakter mencakup 4 kegiatan dengan tingkat capaian sebesar 80,31% kategori baik, (2) kegiatan inti yang bermuatan pendidikan karakter dalam pembelajaran teks puisi rakyat di SMP Negeri 8 Padang mencakup 13 kegiatan dengan tingkat capaian sebesar 77,43% kategori baik, (3) kegiatan penutup yang bermuatan pendidikan karakter dalam pembelajaran teks puisi rakyat di SMP Negeri 8 Padang mencakup 5 kegiatan dengan sebesar 78,04% kategori baik. Ketiga, penilaian pembelajaran yang bermuatan karakter dalam pembelajaran menulis teks puisi rakyat di SMP Negeri 8 Padang berdasarkan penelitian diketahui bahwa sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dari penilaian yang bermuatan pendidikan karakter, yaitu angket penelitian tentang implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran menulis teks puisi rakyat di SMP Negeri 8 Padang sebesar 78,28% dengan kategori baik. Keempat, faktor pendukung implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran menulis teks puisi rakyat di SMP Negeri 8 Padang terdiri atas 3, yaitu (1) program pendidikan karakter di dalam kelas, dan (2) berkomunikasi dan berkolaborasi dalam kelompok saat pembelajaran menulis teks puisi rakyat. Kelima, faktor penghambat implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran teks puisi rakyat di SMP Negeri 8 Padang terdiri atas 2, yaitu (1) kurangnya keterampilan guru, dan (2) kebiasaan buruk yang mengganggu kelancaran pembelajaran menulis teks puisi rakyat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Jan 2021 06:23
Last Modified: 22 Jan 2021 06:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29482

Actions (login required)

View Item View Item