Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Batik Tanah Liek Bundo Kanduang

Larasati, Yunita (2019) Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Batik Tanah Liek Bundo Kanduang. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
A_01_YUNITA_LARASATI_4847_15053024_2019.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh usaha Batik Tanah Liek Bundo Kanduang di Kota Padang Sumatera Barat. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling adapun sumber dan beberapa informan kunci melalui hasil wawancara mendalam atau in dept interview dan pengamatan langsung ke objek peneliti. Data sekunder yang mendukung penelitian ini diperoleh dari dokumen-dokumen yang tersedia di tempat objek penelitian. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Berdasarkan informasi dari informan penelitian ini dapat dijelaskan bahwa strategi pemasaran secara keseluruhan kurang optimal dan masih terdapat kendala pada strategi pemasaran yang digunakan oleh usaha Batik Tanah Liek Bundo Kanduang. Adapun beberapa masalah yang di alami usaha Batik Tanah Liek Bundo Kanduang yang menyebabkan kurang optimalnya strategi pemasaran yang dilakukan baik itu dari produk, harga, promosi maupun lokasi. Adapun uraian masalah yang ada dalam usaha tersebut yaitu:1)Semakin berkurangnya SDM yang handal dalam hal membatik, 2)Kurangnya perhatian dari pemerintah daerah dalam rangka mengembangkan UKM khusnya batik tanah liek, 3)Masih sedikitnya pengikut pada sosial media instagram yang di buat oleh usaha Batik Tanah Liek Bundo Kanduang, 4)Kurangnya promosi yang dilakukan usaha Batik Tanah Liek Bundo Kanduang karena usaha tersebut fokus kepada personal selling, 5)Kurang strategisnya lokasi dan masih butuhnya inovasi tampilan toko. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan rekomendasi yang dapat penulis sarankan kepada usaha Batik Tanah Liek Bundo Kanduang yaitu agar menggunakan metode pemasaran seperti :iklan dikoran, spanduk, dan meletakan produk mereka di pusat oleh-oleh yang tersebar di Sumatera barat dan lebih menggencarkan lagi promosi pada media sosial yang sekarang banyak digunakan oleh masyarakat pada semua kalangan seperti instagram, facebook, membuat web dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Jan 2021 04:05
Last Modified: 22 Jan 2021 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29478

Actions (login required)

View Item View Item