Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Tari) Daring Via Whatsapp di SMP Negeri 11 Solak Selatan

Marthisilya, Dita (2020) Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Tari) Daring Via Whatsapp di SMP Negeri 11 Solak Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_DITA_MARTHISILYA_16023109_3522_2020.pdf

Download (659kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni budaya (tari) via whatsapp di SMP N 11 Solak Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitan ini adalah peneliti sendiri dengan instrumen penunjang laptop, kamera dan alat tulis. Jenis data menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, observasi, dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring seni budaya (tari) materi level dan pola pada seni tari kelas VII 1 SMP N 11 Solak Selatan via whatsapp berjalan dengan sangat baik walau belum maksimal karena KD4 belum bisa terlaksana. Dilihat dari perencanaan, rancangan pembelajaran yang dilakukan guru tetap sama namun dalam langkah pelaksaannya berbeda, karena sistem pembelajaran yang menggunakan aplikasi WhatsApp. Guru lebih leluasa dalam menggunakan media untuk pembelajaran, biasanya hanya menggunakan media buku paket saja sekarang bisa lebih menarik dengan penggunaan power point dan video dari youtube yang dikirimkan ke dalam grup whatsapp, untuk penilaian dilakukan guru dengan cara melihat dari tugas yang dikumpulkan siswa, dan nilai UH. Proses pelaksanaan pembelajaran materi yang diaj arkan guru yaitu pengetahuan, KD 3 ter laksana dengan sangat baik dilihat dari hasil tugas yang dikumpulkan siswa tidak ada siswa yang nilainya dibawah KKM, walau dalam pengumpulan tugasnya siswa sering tidak tepat waktu dengan alasan kouta internet abis, tapi hasil dari tugas yang dikumpulkan siswa cukup baik bahkan bisa lebih dari materi yang diberikan guru, ini membuktikan siswa bisa mencari materi tambahan selain dari yang diberikan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Jan 2021 04:05
Last Modified: 22 Jan 2021 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29475

Actions (login required)

View Item View Item