Pengaruh Variasi Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Pertiwi 1 Padang Tahun Ajaran 2018/2019.

Mustika, Widya (2019) Pengaruh Variasi Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Pertiwi 1 Padang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
A_01_WIDYA_MUSTIKA_4935_15053053_2019.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh langsung dari variasi mengajar guru terhadap minat belajar siswa kelas X IS di SMA Pertiwi 1 Padang pada mata pelajaran ekonomi , (2) pengaruh langsung Variasi mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas X IS di SMA Pertiwi 1 Padang pada mata pelajaran ekonomi, (3) pengaruh langsung minat belajar siswa kelas X IS di SMA Pertiwi 1 Padang pada mata pelajaran ekonomi, (4) pengaruh tidak langsung variasi mengajar guru terhadap hasil belajar siswa melalui minat belajar siswa kelas X IS di SMA Pertiwi 1 Padang pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IS SMA Pertiwi 1 Padang berjumlah 69 orang.Teknik sampel yang digunakan adalah total sampel sehingga penelitian ini adalah penelitian populasi. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif, analisis induktif: uji normalitas, uji homogenitas, analisis jalur, uji hipotesis dengan mengunakan uji t dan F. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) variasi mengajar guru berpengaruh langsung terhadap minat belajar siswa kelas X IS di SMA Pertiwi 1 Padang pada mata pelajaran ekonomi. (2) Variasi mengajar guru tidak berpengaruh langsung terhadap hasil belajar siswa kelas X IS di SMA Pertiwi 1 Padang pada mata pelajaran ekonomi, (3) Minat belajar siswa tidak berpengaruh langsung terhadap hasil belajar siswa kelas X IS di SMA Pertiwi 1 Padang pada mata pelajaran ekonomi. (4) variasi mengajar guru melalui minat belajar siswa tidak berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar siswa kelas X IS di SMA Pertiwi 1 Padang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada siswa untuk meningkatkan minat membaca buku-buku ekonomi, memperdalam materi, mengikuti ujian dan rajin mengevaluasi hasil belajar. Kepada guru untuk memberikan penekanan terhadap materi yang penting saat menjelaskan pelajaran dan mengunakan media pelajaran yang bervariasi,efektif,efesisen dan mudah difahami siswa. Untuk peneliti agar melakukan penelitian lebih dalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X IS di SMA Pertiwi 1 Padang pada mata pelajaran ekonomi diluar variabel yang peneliti teliti saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Jan 2021 04:05
Last Modified: 22 Jan 2021 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29473

Actions (login required)

View Item View Item