Hubungan Kepercayaan Diri (Self Confidence) dengan Hasil Belajar Siswa Prasejahtera di SMA N 3 Padang

Aprilia, Widya (2020) Hubungan Kepercayaan Diri (Self Confidence) dengan Hasil Belajar Siswa Prasejahtera di SMA N 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_WIDYA_APRILIA_16006090_3363_2020.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Setiap siswa menginginkan hasil belajar yang baik di sekolah. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya merupakan kepercayaan diri. Dalam belajar siswa tentunya sangat memerlukan kepercayaan diri yang tinggi guna menunjang hasil belajar yang juga tinggi. Kepercayaan diri merupakan keyakinan individu menentukan bagaimana berperilaku sesuai dengan kebutuhan dalam menampilkan serta mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimilikinya. Sedangkan hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya dari proses belajar yang telah dilakukannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar pada siswa prasejahtera di SMA N 3 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 61 siswa prasejahtera di SMA N 3 Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kepercayaan diri dan hasil belajar siswa semester genap tahun ajaran 2019/2020. Analisis data menggunakan Rank Spearman dibantu oleh program SPSS 21 for windows. Hasil analisis data menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,972 (r=0,972) dengan taraf signifikan 0,000 (p=0,000) artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel kepercayaan diri dengan hasil belajar. Oleh karena itu, semakin tinggi kepercayaan diri yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula hasil belajarnya, dan sebaliknya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jan 2021 04:05
Last Modified: 22 Jan 2021 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29471

Actions (login required)

View Item View Item