Pengaruh Intensitas Belajar dan Modal Sosial terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Transaksi Pemasaran di SMKN 2 Pariaman

Syawirda, Syawirda (2019) Pengaruh Intensitas Belajar dan Modal Sosial terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Transaksi Pemasaran di SMKN 2 Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
A_01_SYAWIRDA_6029_15053050_2019.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran administrasi transaksi pemasaran di SMK Negeri 2 Pariaman (2) Pengaruh modal sosial terhadap hasil belajar mata pelajaran administrasi transaksi pemasaran di SMK Negeri 2 Pariaman dan (3) Pengaruh intensitas belajar dan modal sosial hasil belajar mata pelajaran administrasi transaksi pemasaran di SMK Negeri 2 Pariaman. Jenis Penelitian ini tergolong pada penelitian asosiatif dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI dan XII yang berjumlah 145 orang. Sampel penelitian ini diambil berjumlah 107 orang dengan teknik Proportional Random Sampling. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari pengamatan dan observasi, sedangkan data sekunder yaitu data primer yang terkait dengan objek penelitian yang disajikan oleh pihak lain. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda Temuan penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran administrasi transaksi pemasaran di SMK Negeri 2 Pariaman (sig 0,000 < sig. 0,05), (2) terdapat pengaruh modal sosial terhadap hasil belajar mata pelajaran administrasi transaksi pemasaran di SMK Negeri 2 Pariaman (sig 0,001 < sigl 0,05), (3) terdapat pengaruh intensitas belajar dan modal sosial terhadap hasil belajar mata pelajaran administrasi transaksi pemasaran di SMK Negeri 2 Pariaman (sig 0,000 < sigl 0,05). Kontribusi dari variabel intensitas belajar dan modal sosial terhadap variabel hasil belajar adalah sebesar 49%. Sedangkan sisanya 51% dipengaruhi oleh variabel lain selain intensitas belajar dan modal sosial. Penulis berharap siswa selalu berupaya untuk meningkatkan intensitas belajar dan modal sosial mereka agar hasil belajar juga meningkat. Pihak sekolah dan orang tua juga bersama-sama berupaya untuk memotivasi dan memfasilitasi para siswa untuk meningkatkan intensitas belajar dan modal sosial karna dengan peningkatan intensitas belajar dan modal sosial maka juga akan meningkatkan hasil belajar siswa tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Jan 2021 04:04
Last Modified: 22 Jan 2021 04:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29468

Actions (login required)

View Item View Item