Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Tentang Materi Sistem Ekskresi untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI

Sari, Rintan Rahmana (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Tentang Materi Sistem Ekskresi untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RINTAN_RAHMANA_SARI_16031060_458_2020.pdf

Download (635kB) | Preview

Abstract

Implementasi kurikulum 2013 yaitu mampu meneiptakan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai tuntutan zaman yang akan datang. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yaitu membiasakan peserta didik dalam mengerjakan soal kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi Sistem Ekskresi untuk peserta didik SMA/MA kelas XI yang valid seeara logis dan empiris, praktis, memiliki kualitas item yang baik, dan reliabel. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D models yang terdiri dari tahap de.fine, design, develop, dan disseminate. Tahap disseminate tidak dilakukan. Subjek penelitian ini yaitu 2 orang validator dan 24 orang peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Kee. Kapur IX. Instrumen pengumpulan data berupa angket validitas yang diisi oleh dosen Biologi UNP dan uji praktikalitas diisi oleh guru SMAN 1 Kee. Kapur IX. Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi ANATES 4.09. Berdasarkan basil analisis data, didapatkan nilai rata-rata validitas logis sebesar 87,08% dengan kategori valid, nilai rata-rata praktikalitas sebesar 94,44% dengan kategori sangat praktis, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda baik, pola distribusi jawaban yang dapat digunakan dengan persentase 91 %, dan reliabilitas dengan persentase 0,93. Dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi Sistem Ekskresi untuk peserta didik SMA/MA kelas XI yang valid seeara logis dan empiris, sangat praktis, memiliki tingkat kesukaran sedang, daya pembeda baik, pola distribusi jawaban baik, dan reliabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:41
Last Modified: 05 Apr 2021 00:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29454

Actions (login required)

View Item View Item