Analisis Persepsi dan Harapan Mahasiswa Terhadap Implementasi SKPI dengan Sistem Kredit Poin di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Jaslita, Ririn (2019) Analisis Persepsi dan Harapan Mahasiswa Terhadap Implementasi SKPI dengan Sistem Kredit Poin di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
A_01_RIRIN_JASLITA_4593_15053068_2019.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana sosialisasi dan Implementasi pengisian SKPI di FE UNP. Dapat dilihat dari empat indikator pengisian SKPI yaitu 1) kegiatan akademik 2) kegiatan kemahasiswaan 3) kegiatan wajib dan 4) kegiatan pilihan yang ditinjau dari persepsi dan harapan mahasiswa FE UNP berjumlah 510 orang. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan survey yang menggunakan data primer sebagai data penelitian dan diperoleh dari kuisioner yang diisi oleh mahasiswa FE UNP angkatan 2015. Sampel penelitian ini berjumlah 84 orang mahasiswa. Pengambilan sampel dengan Proporsional random sampling. Teknik analisa data adalah analisis deskriptif dan analisis gap (kesenjangan antara persepsi dan harapan) dengan menggunakan diagram kartesius. Hasil analisa dengan Importance performance matrik dan diagram kartesius semua indikator pada tabel indeks kepuasan mahasiswa menunjukan bahwa mahasiswa mempersepsikan semua indikator lebih rendah dari yang diharapkan. Keempat indikator tersebut perlu diperbaiki. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pengisian SKPI dengan sistem kredit di FE UNP cukup efektif. Sementara harapan mahasiswa berada pada kategori tinggi. Oleh karena itu disarankan kepada Pimpinan Fakultas untuk meningkatkan implementasi SKPI dalam hal 1) Sosialisasi pengisian SKPI dengan kredit poin secara sistematis, komprehenssif dan berkesinambungan 2) Menumbuh kembangkan kegiatan kemahasiswaan berbasis softskill, sebagai sarana dalam pengembangan karakter mahasiswa 3) memperbaharui Surat Edaran dan Buku Panduan Kegiatan Kemahasiswaan 2015. Bagi mahasiswa diharapkan menaati aturan surat Edaran dan Buku Panduan dan berpartisipasi dalam mengembangkan potensi diri di kegiatan non akademik yang menunjang prestasi akademik untuk nilai tambah dan kesiapan mahasiswa memasuki dunia kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Jan 2021 03:54
Last Modified: 22 Jan 2021 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29452

Actions (login required)

View Item View Item