Pengaruh Model Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Sekolah Dasar

Safitri, Tia (2020) Pengaruh Model Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_TIA_SAFITRI_16129118_4138_2020.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran belum menggunakan model yang sesuai dengan pembelajaran yang akan diajarkan sehingga pembelajaran menjadi satu arah, selain itu pembelajaran yang dilakukan belum dapat mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik dalam memecahkan masalah, dan model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga kurangnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model creative problem solving terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas III sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen berbentuk Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Kelas IIIB SDN 03 Batu Balang sebagai kelompok eksperimen dan kelas IIIA SDN 03 Batu Balang sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes yaitu tes esai. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model creative problem solving terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas III sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t (t-test) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung = 3,34404 > t tabel = 2,02439. Hasil belajar tematik terpadu yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean kelompok kontrol= 69,1 dan mean yang diperoleh kelompok eksperimen = 83,3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jan 2021 03:30
Last Modified: 22 Jan 2021 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29438

Actions (login required)

View Item View Item