Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang dan Manufaktur Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019

Afrinaval, Govin (2019) Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang dan Manufaktur Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
A_01_GOVIN_AFRINAVAL_6067_14053043_2019.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar secara bersama – sama (simultan) terhadap Prestasi Belajar, (2) Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar, dan (3) Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang dan Manufaktur Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019 . Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 106 orang. Penarikan Sampel ditentukan melalui rumus yang dikembangkan dari Isaac dan Michael dengan total sampel sebanyak 85 orang dan menggunakan teknik simple random sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer. Data yang telah terkumpul tersebut lalu dianalisis secara deskriptif dan dianalisi secara statistik dengan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 20.0. Uji yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis yang terdiri dari uji f, uji koefesien determinasi (R2), dan uji t. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 69,838 + 0,608X1 + (– 0,382X2). Pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung = 12,711 dan Ftabel = 3,11 dengan taraf signifikansi 5% (0,000<0,05). Hasil Uji Koefesien Determinasi (R2) sebesar 0,237 atau 23,7%. Hasil Uji t untuk kebiasaan belajar diperoleh thitung = 4,971 dengan taraf signiifikansi 5% (0,000<0.05) dan untuk lingkungan belajar diperoleh thitung = -2418 dengan taraf signifikansi 5% (0,018<0,05). Hasil penelitian pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang dan Manufaktur Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019 dapat disimpulkan bahwa (1) Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama (Simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar ,(2) Kebiasaan Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar, dan (3) Lingkungan Belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Jan 2021 03:29
Last Modified: 22 Jan 2021 03:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29424

Actions (login required)

View Item View Item