Pengaruh Kondisi Ruang Kelas terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran PDTM di SMK Negeri 5 Padang.

Andrianto, Jhoni (2021) Pengaruh Kondisi Ruang Kelas terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran PDTM di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_JHONI_ANDRIANTO_16067017_3723_2021.pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh antara kondisi ruang kelas terhadap konsentrasi belajar siswa mata pelajaran PDTM di SMK Negeri 5 Padang. Mengingat banyaknya siswa yang tidak fokus dalam belajar karena kondisi fisik ruang kelas yang kurang memadai untuk proses belajar mengajar Sementara lulusan SMK kejuruan di tuntut lansung untuk terjun ke lapangan pekerjaan di dunia industri ataupun perbengkelan. Disamping itu juga perlu partisipasi dari beberapa faktor pendukung seperti guru dan instansi terkait lainnya untuk lebih memperhatikan kondisi fisik gedung maupun kondisi fasilitas pendukung lainnya yang ada dalam kelas tersebut untuk membut siswa lebih nyaman dan tenang dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptifkuantitatif yang di lakukan pada bulan oktober 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kondisi ruang kelas terhadap konsentrasi belajar siswa. Hasil penelitian yang di dapatkan dari variabel kondisi ruang kelas (variabel X) dan konsentrasi belajar siswa (variabel Y). Hasil dari kondisi ruang kelas (Variabel X) mendapatkan hasil 67 % dengan persentase Layak. Sedangkan hasil konsentrasi belajar siswa (Variabel Y) mendapatkan hasil 71,87 % dengan persentase Layak. Sehingga hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa kondisi ruang kelas dapat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Jan 2021 03:29
Last Modified: 22 Jan 2021 03:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29417

Actions (login required)

View Item View Item