Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Active Learning Tipe Index Card Match di Kelas V SDN 10 Koto Jua Kab. Pesisir Selatan

Putri, Sinta Karisma (2020) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Active Learning Tipe Index Card Match di Kelas V SDN 10 Koto Jua Kab. Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SINTA_KARISMA_PUTRI_16129402_3862_2020.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang optimalnya guru dalam mendesain RPP, suasana belajar masih tampak membosankan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Active Learning Tipe Index Card Match Di Kelas V SDN 10 Koto Jua Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas selaku observer, peneliti selaku praktisi dan 10 orang siswa kelas V SDN 10 Koto Jua. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi pelaksanaan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan strategi Active Learning tipe Index Card Match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu pada siklus I dan siklus II. (1) Penilaian rata-rata RPP siklus I adalah 86,11%, siklus II meningkat menjadi 94,44%. (2) Penilaian rata-rata aspek guru siklus I adalah 80,35%, siklus II meningkat menjadi 96,42%. (3) Penilaian rata-rata aspek siswa siklus I adalah 80,35%, siklus II meningkat menjadi 96,42%. (4) Penilaian rata-rata pengetahuan dan keterampilan siklus I adalah 75,33, siklus II meningkat menjadi 87,82. Dapat disimpulkan bahwa, strategi Active Learning tipe Index Card Match dapat meningkatkan proses pembelajaran di SD Negeri 10 Koto Jua Kabupaten Pesisir Selatan. Kata kunci: Strategi Active Learning tipe Index Card Match, Proses Pembelajaran, Pembelajaran Tematik Terpadu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:10
Last Modified: 21 Jan 2021 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29409

Actions (login required)

View Item View Item