Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif metode Talking Stick terhadap kompetensi belajar peserta didik kelas VIII SMPN 2 Payakumbuh tentang materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

Sumiati, Sumiati (2021) Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif metode Talking Stick terhadap kompetensi belajar peserta didik kelas VIII SMPN 2 Payakumbuh tentang materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SUMIATI_15031122_984_2020.pdf

Download (690kB) | Preview

Abstract

Permasalahan di SMPN 2 Payakumbuh yaitu model pembelajaran yang digunakan belum bervariasi terhadap kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi belajar peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan metode Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan model pembelajraan kooperatif dengan metode Talking Stick terhadap kompetensi belajar peserta didik Kelas VIII SMPN 2 Payakumbuh tentang materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian control group posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VIII SMPN 2 Payakumbuh tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah Kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol dan VIII.8 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas data, uji homogenitas data, dan data uji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode Talking stick terhadap kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai thitung 3,38 > ttabel1,67, pada kompetensi sikap nilai thitung 2,03 > ttabel1,67, dan pada kompetensi keterampilan nilai thitung 2,72 > ttabel1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode Talking Stick berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar tentang materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan peserta didik Kelas SMPN 2 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:40
Last Modified: 05 Apr 2021 00:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29407

Actions (login required)

View Item View Item