Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Beda, Efektivitas Pengecoh Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa kelas XII IPA dan IPS SMA Negri 2 Gunung Talang tahun 2018/2019

Sumanti, Eka (2019) Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Beda, Efektivitas Pengecoh Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa kelas XII IPA dan IPS SMA Negri 2 Gunung Talang tahun 2018/2019. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
A_01_EKA_SUMANTI_5149_15053006_2019.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Soal Ujian Akhir Semester ganjil Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPA dan IPS SMA N 2 Gunung Talang Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian berupa butir soal terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda. Soal tersebut dianalisis berdasarkan tingkat kesukaran, Daya Pembeda, dan Efektivitas Pengecoh. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA dan IPS SMA N 2 Gunung Talang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara manual dengan bantuan programmicrosoft excel. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga temuan. (1) tingkat kesukaran butir soal tergolong sukar berjumlah 24%, butir soal tergolong sedang berjumlah 32% dan butir soal tergolong mudah 44% termasuk soal yang tidak berkualitas, (2) daya beda butir soal yang memiliki daya beda jelek berjumlah 40%, daya beda yang memiliki sangat buruk 48 %, dan butir soal yang berjumlah 8% sedang, sehingga soal termasuk soal yang belum berkualitas baik dari segi Daya Pembeda. (3) efektivitas pengecoh terdapat 32% yang menjawab sangat baik, 28% memiliki pengecoh yang baik, 4% memiliki efektivitas pengecoh yang cukup, 36% memiliki pengecoh yang kurang baik, yang memiliki efektifitas pengecoh tidak baik tidak terdapat di soal tersebut, sehingga soal termasuk soal yang belum berkualitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka disarankan butir soal yang tidak berkualitassebaiknya tidak digunakan lagi, soal yang sudah berkualitas masukkan ke bank soal, dan perlu adanya pelatihan untuk guru yang bersangkutan dalam pembuatan soal sesuai dengan materi pembelajaran dan indikator pencapaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:09
Last Modified: 21 Jan 2021 03:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29404

Actions (login required)

View Item View Item