Pengembangan Media Audio Visual “How To Be A Teacher” dalam Mata Kuliah Microteaching

Pratama, Saldan Magrobi (2020) Pengembangan Media Audio Visual “How To Be A Teacher” dalam Mata Kuliah Microteaching. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SALDAN_MAGROBI_PRATAMA_16004066_3564_2020.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Microteaching saat proses pembelajaran belum didukung dengan bahan ajar yang memadai, jadi dibutuhkannya sebuah bahan ajar untuk membantu penyampaian materi. Mahasiswa bisa menggunakan media secara mandiri kapanpun serta dimanapun. Tujuan penelitian ini agar menghasilkan media audio visual “How to be a Teacher” yang dikembangan menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro CC untuk mata mata kuliah Microteaching yang layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Microteaching. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D. Tahapan pengembangan yang dilaksanakan yaitu, pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (disseminate). Produk hasil pengembangan ini dinilai oleh satu validator materi/konten dan satu validator media serta dilakukan uji praktikalitas produk kepada 5 mahasiswa Jurusan KTP FIP UNP. Alat pengumpul data berupa dokumentasi dan angket. Kuantitatif dan kualitatif digunakan dan dipilih sebagai teknik analisis data. Hasil analisis menunjukan bahwa media audio visual “How to be a Teacher” dalam mata kuliah Microteaching yang dikembangkan secara keseluruhan seudah layak baik dari aspek media, materi maupun dari aspek kepraktisan dengan beberapa revisi. Hal ini ditunjukan oleh nilai yang diperoleh dari validator materi berjumlah 63 dengan kategori “lengkap”; nilai/data yang didapatkan dari validator media berjumlah 70 dengan kategori “sangat layak” , serta nilai kepraktisan yang diperoleh dari mahasiswa sebesar rata-rata 4,6 dengan kategori “sangat praktis”, sehingga bisa disimpulkan media audio visual “How to be a Teacher” ini dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran dalam mata kuliah Microteaching.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:08
Last Modified: 21 Jan 2021 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29395

Actions (login required)

View Item View Item