Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 18 Air Tawar Selatan Kota Padang

Putri, Rizka Ananda (2020) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 18 Air Tawar Selatan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RISKA_PARAMITHA_16129219_4167_2020.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dimana permasalahan belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu yang rendah, dimana pembelajaran masih berpusat pada guru, dan kurang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model kooperatif tipe Teams Game Tournament di kelas V SDN 18 Air Tawar Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V sebanyak 21 orang, yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 8 orang perempuan, peneliti berperan sebagai peraktisi, guru kelas berperan sebagai observer. Penelitian dilaksanakan sebanyak II Siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 79,16% dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi (SB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 80,35 % dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II 96,42% dengan kualifikasi (SB). Sedangkan nilai rata-rata aspek peserta didik siklus I diperoleh 80,35 % dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II 96,42% dengan kualifikasi (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,30 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 82,90. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Teams Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN 18 Air Tawar Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:07
Last Modified: 21 Jan 2021 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29394

Actions (login required)

View Item View Item