Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Di Kelas V SDN 06 Cimparuh

Paramitha, Riska (2020) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Di Kelas V SDN 06 Cimparuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RISKA_PARAMITHA_16129219_4167_2020.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada RPP yang digunakan guru. Guru belum mampu memilih dan menggunakan model pembelajaran yang inovatif, dalam pelaksanaannya, guru masih menggunakan media pembelajaran yang yang ada pada buku guru dan belum benda kongkrit, selama proses pembelajaran berlangsung guru lebih aktif daripada peserta didik dan sedikit berinteraksi dengan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 06 Cimparuh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Alur penelitian meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 06 Cimparuh. Instrumen penelitian adalah lembar observasi berupa lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan aspek guru dan lembar pengamatan aspek siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu pada siklus I dan siklus II. (a) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Siklus I memperoleh skor 79,15% kualifikasi (B), Siklus II memperoleh skor 97,2% kualifikasi (SB). (b) Pelaksanaan pada aspek guru, Siklus I memperoleh skor 80,64% kualifikasi (B), Siklus II memperoleh skor 96,4% kualifikasi (SB). (c) Pelaksanaan pada aspek siswa, Siklus I memperoleh skor 80,64% kualifikasi (B), Siklus II memperoleh skor 96,4% kualifikasi (SB). Dengan demikian model kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 06 Cimparuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:07
Last Modified: 21 Jan 2021 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29393

Actions (login required)

View Item View Item