Pengaruh Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transferring Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIP A SMA Adabiah 2 Padang

Sari, Silvia Mayang (2021) Pengaruh Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transferring Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIP A SMA Adabiah 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SILVINA_AMIR_15029120_1079_2020.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yaitu pemahaman konsep matematis yang diharapkan dimiliki o Ich peserta didik. Namun kenyataannya di SMA Adabiah 2 Padang masih belum optimal atau masih rendah. Strategi pembelajaran belum mampu meningkatkan konsep peserta didik. Jika pemahaman konsep rendah, maka akan bcrpengaruh pada kemampuan matematis lainnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan strategi REACT dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah pemaharnan konsep peserta didik yang belajar dengan strategi REACT lebih baik daripada pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMA Adabiah 2 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah quasy experiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Design. Populasinya kelas XI MIPA SMA Adabiah 2 Padang dengan sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Instrumen penelitian berupa kuis dan tes pemahaman konsep. Data perkembangan kemampuan ini dideskripsikan melalui basil kuis, sedangkan basil tes didianalisis dengan uji-t. Berdasarkan basil kuis diperoleh bahwa perkembangan pemahaman konsep meningkat dengan penerapan strategi REACT, dan berdasarkan basil analisis tes dipcroleh bahwa taraf nyata a = 0,05 melakukan uji-t diperoleh P­ value = 0,00 karena P­value < a, maka Ho di tolak. Ini berarti bahwa pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan strategi REACT lebih baik daripada pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMA Adabiah 2 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:40
Last Modified: 05 Apr 2021 00:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29374

Actions (login required)

View Item View Item