Pengaruh Model Predict Observe Explain (POE) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 22 Koto Tangah Gugus I Tilatang Kamang

Wahyudi, Novridho (2020) Pengaruh Model Predict Observe Explain (POE) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 22 Koto Tangah Gugus I Tilatang Kamang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NOVRIDHO_WAHYUDI_16129205_4212_2020.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Latar belakang yang ditemukan peneliti adalah peserta didik tidak fokus pada materi pelajaran yang diberikan oleh gurunya dan lebih tertarik pada media dan peralatan praktikum yang di sediakan guru. Sehingga materi yang diberikan oleh guru tidak sampai kepada peserta didik sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Predict Observe Explain (POE) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Kelas V SDN 22 Koto Tangah Gugus I Tilatang Kamang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen berbentuk Quasi Experimental Type Pre-test and Post-test Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Kelas V SDN 22 Koto Tangah sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SDN 20 Koto Tangah sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes yaitu tes pilihan berganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Predict Observe Explain (POE) pada pembelajaran tematik terpadu terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 22 Koto Tangah Gugus I Tilatang Kamang. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t (t-test) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung = 2,193 > t-tabel = 2,032. Hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean kelompok kontrol= 69,41 dan mean yang diperoleh kelompok eksperimen = 79,44.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:24
Last Modified: 19 Jan 2021 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29357

Actions (login required)

View Item View Item